Dikutip oleh

Editor

Kenali Jenis Lift Axle Dan Kegunaannya Untuk Truk Cargo

Lift axle atau retractable axle merupakan salah satu upaya dimana axle dapat diangkat sehingga roda tidak menyentuh permukaan jalan nantinya. Hal ini dapat menghemat pemakaian bahan bakar, mengurangi perawatan serta keausan ban, walaupun hal tersebut dapat meningkatkan keausan jalan.

Keuntungan sistem ini yaitu dapat memberikan kapasitas angkut beban yang lebih besar tanpa berefek negatif saat truk cargo atau trailer sedang kosong.

Setiap ban dump truk mempunyai tahanan gelincir yakni gaya yang diperlukan guna menjadikannya menggelincir di jalan.

Tahanan gelincir membuat ban dump truk menjadi panas dan saat ditambah oleh gesekan pada permukaan jalan membuat ban terdegradasi.

Truk cargo mempunyai sejumlah axle dengan dua atau empat ban per axle guna membagi bobot di permukaan jalan. Terdapat bobot maksimum yang dapat ditopang tiap tipe axle, oleh sebab itu untuk membawa beban berat, sejenis truk khusus tambang membutuhkan banyak axle. Namun, saat truk heavy duty atau trailer tengah kosong tidak ada alasan guna membiarkan as roda tersebut berputar saat bobotnya tidak ada.

Walaupun hal ini memunculkan sedikit kerusakan pada permukaan jalan ketimbang membagi bobot dump truk ke tiap axlenya, otoritas jalan memberikan izin pada sistem lift axle ini dengan sejumlah persyaratan.

 

Baca juga: Seberapa Penting Sleeper Cab pada Truk Kargo untuk Pengemudi? 

Baca juga: Kenali Pencegahan Masalah Pada Truk Crane yang Disebabkan Oli Mesin 

 

Jenis-jenis Lift Axle

Bila axle terletak di belakang penggerak utama, hal itu dinamakan pusher axle. Bila axle terletak paling belakang axle trailer, hal itu dinamakan tag axle. Lift axle kerap disebut juga dengan dead axle maupun drop axle.

 

Apakah Lift Axle Memberikan Tambahan Tenaga?

Lift axle berputar dengan bebas dan hanya berputar saat bersentuhan dengan permukaan jalan dan tidak tersambung dengan poros penggerak.

 

Apakah Keuntungan dari Sistem Lift Axle Sudah Terbukti?

Sebuah penelitian yang dikerjakan oleh Green Truck Partnership menemukan jika sistem lift axle dapat menghasilkan penghematan bahan bakar sebesar 0,823l/100 km serta manfaat ekonomi sebesar 1.15 dollar/100 km

Itulah penjelasan mengenai apa itu lift axle atau retractable axle. Biasanya hal-hal seperti di atas sudah diketahui oleh pakar pembawa kendaraan alat berat seperti truk khusus tambang.

Jika anda pengguna produk Truk Cargo Iveco, anda bisa berkonsultasi melalui layanan Chakra Jawara. Dengan visi menjadi distributor penjualan alat berat utama seperti truk heavy duty di Indonesia, PT Chakra Jawara menawarkan berbagai solusi Alat Transportasi dan Permesinan Terpadu kepada pelanggan yang beroperasi di pertambangan, kehutanan, konstruksi, minyak & gas, dan truk kontainer.

Saat ini, Chakra Jawara merupakan dealer eksklusif berbagai truk khusus tambang dengan merk Iveco, yang telah memiliki reputasi di dunia sebagai produsen penjualan truk tambang terpercaya berkualitas premium.

 

Sumber foto: Iveco