Dikutip oleh

Editor

7 Spot Kabin Truk Tractor Head yang Perlu Disanitasi Sebagai Bentuk Protokol Kebersihan

Pandemi COVID-19 belum berakhir, dan penyebarannya di Indonesia bahkan di seluruh dunia masih terjadi. Tentunya kesadaran akan kebersihan adalah langkah utama untuk mencegahnya, tak heran bila pemerintah berusaha keras untuk menghimbau para masyarakat dalam mentaati protokol kesehatan.

Hal ini tentunya berlaku pada setiap individu, bahkan pelaku industri pun wajib menerapkan peraturan tersebut bagi para pegawainya. Nah, salah satu langkah pencegahan penyebaran pandemi juga perlu diterapkan pada kebersihan pengemudi dan truk tractor head yang notabennya mempunyai aktivitas padat dan banyak berinteraksi di luar sana. Nah, untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan mematuhi protokol kesehatan berikut ini beberapa spot kabin truk yang perlu disanitasi agar senantiasa bersih.

 

Baca juga: Tips Merawat Truk Tractor Head Agar Mesin Tetap Awet dan Berperforma 

Baca juga: Alasan Truk Tractor Head Menggunakan Teknologi Mesin Diesel 

 

1.Setir truk

Setir merupakan bagian di kabin truk yang wajib disanitasi. Sebab bagian kemudi ini paling sering dipegang oleh tangan manusia. Namun untuk melakukan sanitasi terhadap setir truk sebenarnya tidak perlu langkah khusus, anda tinggal semprot cairan desinfektan lalu diseka dengan lap bersih saja. Sebab setir umumnya tidak ada yang dibungkus dengan kulit. Intensitas yang padat tentunya menjadi pertimbangan khusus agar menjaga kebersihan pada setiap setiap saat.

 

2.Transmisi

Bagian berikutnya yang perlu dilakukan sanitasi di interior truk tractor head adalah bagian transmisi, tepatnya pada tuas transmisinya. Karena pada bagian ini pastinya sering digenggam oleh tangan. Oleh karena itu kebersihan harus benar-benar terjaga. Untuk membersihkannya cukup mudah sama juga seperti dengan lingkar kemudi. Tinggal semprot cairan desinfektan lalu lap bagian yang basah. Tentunya tidak ada perbedaan perlakuan antara tuas transmisi di kolom setir maupun di tengah interior.

 

3.Dasbor

Berikutnya bagian kabin pada truk yang membutuhkan sanitasi adalah dasbor. Meskipun peranti dalam truk ini jarang disentuh oleh tangan namun kuman maupun virus tentunya bisa menetap di permukaan dasbor. Oleh karena itu dasbor juga perlu dibersihkan secara teratur dengan cairan desinfektan. Namun, anda juga perlu berhati-hati jika ada tombol elektronik atau bahkan head unit, sebab jika terkena cairan desinfektan bisa membuat korsleting listrik.

 

4.Handle pintu

Bagian ini juga sangat penting dan tidak boleh luput dari perhatian. Yah, gagang pintu bagian dalam maupun luar juga perlu dibersihkan dengan desinfektan secara teratur. Proses yang dilakukan juga sama yakni arahkan, semprot, lantas diseka dengan lap. Sebagai saran jika anda hendak melakukan sanitasi dengan handle pintu, utamakan untuk membersihkan bagian dalam gagang pintu, sebab bagian ini cukup tersembunyi dan sulit dijangkau dengan tangan.

 

5.Panel pintu

Selanjutnya panel truk juga tidak boleh terlewat dari sentuhan desinfektan. Meski panel pintu jarang kotor karena tidak tersentuh langsung oleh tangan, tetapi bagian ini juga berpotensi untuk menjadi perantara virus COVID-19. Karena truk umumnya menggunakan bahan plastik keras untuk pintunya, maka tak sulit bagi anda untuk melakukan sanitasi terhadap panel pintu truk ini.

 

6.Jok pada truk

Jok juga merupakan bagian dari kabin truk yang perlu dilakukan sanitasi. Tak heran, bila kursi merupakan peranti vital di dalam interior sebuah truk Untuk dapat mengemudikan truk dengan baik dan benar pengemudi harus duduk di kuris. Otomatis kursi menjadi tempat bernaungnya kuman. Oleh karena itu membersihkan kursi sedikit berbeda dengan bagian lainnya, anda harus pakai cairan khusus untuk pembersih beludru atau kulit, lantas baru kemudian disemprotkan cairan desinfektan dan diseka dengan lap bersih. 

 

7.Sabuk pengaman pengemudi

Setelah jok dan peranti lain bebas dari kuman dan virus, selanjutnya sabuk pengaman pengemudi juga sama pentingnya untuk dibersihkan dan di semprotkan disinfektan. Karena bagian kabin ini juga sering kali disentuh sehingga perlu terjaga kebersihannya.

 

Mengemudi atau menggunakan truk untuk aktivitas kerja tidak hanya memperhatikan perawatan mesin saja, tapi kebersihan di setiap celah dan bagian truk  tractor head juga sangat penting diperhatikan. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini, dan sudah umumnya pengemudi truk khusus tambang, atau dump truk memiliki rutinitas berinteraksi yang padat. 

Sehingga sangat perlu melakukan protokol kesehatan untuk diri sendiri dan orang lain. Pelaku industri atau bisnis juga berperan penting dalam hal ini agar keamanan tenaga kerja dan keberlangsungan bisnis kian terjaga dengan baik.

 

Sumber foto: Instagram iveco.Indonesia