Dikutip oleh

Editor

5 Hal yang Tidak Boleh Diabaikan Agar Truk Tambang Selalu Prima

Sebagai kendaran alat berat apakah anda benar-benar menggunakan truk tambang untuk kebutuhan operasional bisnis atau penggunaan pribadi? Apapun tujuan penggunaannya, sangatlah penting dan dianjurkan untuk merawat truk dengan baik agar panjang umur dan tetap prima saat digunakan.

Yah, bagi pelaku bisnis pemeliharaan truk tambang bahkan jauh lebih penting dan sangat wajib karena alat transportasi ini merupakan aset yang signifikan. Oleh karenanya mempertahankan aset perusahaan dengan hati-hati sangat diperlukan guna memastikan bahwa bisnis berjalan dengan lancar setiap hari, bahkan sepanjang tahun. Namun, perhatikan kembali bahwa truk anda hanya akan berperforma baik tergantung dengan perawatan yang dilakukan. 

Tentunya hal utama yang terpenting adalah peninjauan rutin untuk kendaraan anda, serta mengambil beberapa tindakan pencegahan sederhana agar truk anda tetap dalam kondisi bagus dan prima selama bertahun-tahun yang pastinya bisa anda rasakan sendiri perbedaannya. Nah, inilah beberapa hal yang tidak boleh diabaikan agar kendaraan niaga anda seperti dump truk atau truk khusus tambang, truk kargo dan sebagainya bisa terus berperforma baik. 

 

Baca juga: 4 Perawatan Mesin Diesel Sistem Common Rail Pada Truk Tambang 

Baca juga: Cara Pencegahan Pengemudi saat Truk Tambang Mengalami Rem Blong

 

Jangan mengabaikan fitur rem pada truk

Banyak para mekanik menganggap bahwa minyak rem memang murah, kaliper, selang dan sensor rem itu mahal. Namun, kebutuhan minyak rem truk sangatlah penting untuk selalu diperhatikan. Pastikan anda selalu mengganti minyak rem setidaknya sekali setahun untuk menyelamatkan diri dari keharusan mengganti bagian kendaraan anda yang lebih mahal dan memakan waktu lebih lama. 

Yah, minyak rem bersifat higroskopis, ini berarti mahir dalam menarik kelembaban yang dapat menyebabkan komponen terkorosi atau karatan dan rusak. Namun jika anda rutin mengganti minyak rem, kita bisa menghindari keborosan dalam perawatan membeli sparepart.

Mengganti Coolant Secara Rutin

mempertahankan pendingin atau coolant truk sangatlah penting. Bahkan banyak yang menganggap sama pentingnya dengan pemeliharaan mesin truk anda. Karena kegagalan sistem pendingin dapat menyebabkan mesin anda benar-benar meleleh.

Namun tak perlu khawatir karena mengganti Coolant sangatlah mudah untuk dilakukan. Anda cukup membuat peringatan untuk diri anda agar tidak lupa atau pun terlambat memeriksa cairan pendingin di semua kendaraan perusahaan setiap dua bulan sekali.

Cek Keselarasan Truk Sesuai Kebutuhan

Selanjutnya yang tidak boleh diabaikan adalah menjaga keselarasan truk menjadi bagian perawatan truk tambang yang tak kalah pentingnya. Ketika ada bagian truk yang tidak selaras, kendaraan akan mengalami keausan ban, jarak tempuh gas yang lebih buruk, dan bahkan potensi kurangnya kontrol saat mengemudi yang tentu saja sangat berbahaya.

Sebaiknya periksalah keselarasan truk anda saat melakukan penggantian oli, jika anda merasa kendaraan mulai bergerak kasar dan tidak stabil.

Menjaga Kebersihan Truk

Meski sederhana namun hal ini tidak boleh diabaikan. Yah, menjaga kebersihan truk sangat penting dilakukan, apalagi hampir 90% body truk terbuat dari komponen yang mudah berkarat. Membersihkan truk juga akan memberikan kenyamanan saat berkendara apalagi jika truk anda adalah jenis truk khusus pertambangan atau dump truk yang sering kali memuat bahan material. 

Dengan membersihkan truk tambang secara rutin tak hanya memberikan tampilan truk yang bersih tapi juga menjadikan performa truk tetap stabil. Karena meninggalkan bekas kotoran di jalanan di bagian truk dapat menyebabkan kerusakan komponen yang serius dari waktu ke waktu. 

Oleh karena itu hindari karat dan kerusakan kendaraan lainnya dengan menyemprot kendaraan anda begitu selesai beroperasi.

Lindungi Ban truk

Berikutnya yang tidak boleh diabaikan adalah menjaga tekanan ban truk dengan rutin memeriksanya setidaknya satu bulan sekali. Jika hanya 8 pound dibawah inflasi, putaran rolling ban meningkat sebesar 5 persen. Karena ban secara alami mengalami kehilangan udara, periksa tekanan ban anda setiap bulan untuk memastikan jarak tempuh dan penanganan lebih optimal.

Bahkan menurut Bridgestone Firestone Amerika Utara, mengatakan tutup katup ban truk dianggap sebagai segel utama terhadap kehilangan udara, dengan inti katup yang menjadi segel nomor dua.

 

Begitu padatnya jadwal truk tambang dan beratnya beban setiap hari yang harus diangkutnya tentu perawatan ekstra rutin perlu dilakukan pada kendaraan berat ini. Selain agar tetap awet dan terus berperforma, kondisi mesin yang selalu prima juga menjadi pertimbangan setiap hari agar terhindar dari segala kerusakan yang mendadak, baik dari mesin, komponen kaki dan sebagainya.

 

Sumber foto: Instagram iveco.indonesia