Article by

Editor

Bagaimana Cara Merawat Ban Truk Tambang Agar Awet dan Tahan Lama

Dump truk tambang merupakan alat transportasi yang sering digunakan untuk memudahkan dalam proses pemindahan barang-barang material seperti kerikil, pasir, tanah, produk tambang dan sebagainya. Alat transportasi yang satu ini memiliki bak terbuka dengan sasis yang kokoh dan biasanya dilengkapi dengan hidrolik untuk memudahkan dalam menumpahkan barang-barang yang diangkut. Tak heran bila kendaraan ini banyak dijumpai di area pertambangan, konstruksi, dan pembangunan. Dump truk, atau mobil pertambangan sudah pasti memiliki tenaga mesin handal yang sudah teruji.

Namun tidak hanya fokus pada mesin saja. Salah satu bagian yang berperan penting dalam menentukan kualitas dan kinerja truk adalah ban dump truk itu sendiri. Biasanya ban dump truk dirancang khusus dengan pola tapak guna menghasilkan traksi yang tinggi baik di medan kasar maupun halus, bahkan medan-medan yang berlumpur. Tentu saja kualitas ban kendaraan ini harus menjadi perhatian. 

Ban tersebut hendaknya bisa tahan abrasi serta memiliki daya tahan panas yang tinggi karena biasanya dum truk harus mengangkut beban yang cukup berat dengan kecepatan yang tinggi dan menempuh jarak yang cukup jauh. Selain memilih ban yang tepat, anda juga perlu memahami bagaimana cara merawat ban tersebut supaya awet dan tahan lama.

Seringkali orang-orang tidak memperhatikan bagaimana perawatan ban dump truk atau truk batu bara yang mereka miliki. Ketika dump truk masih bisa bekerja maha hal ini bukanlah suatu masalah. Padahal, ban sangat berperan penting terhadap keselamatan dan kenyamanan  dalam berkendara sehingga memperhatikan perawatan ban pun menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Berikut ini beberapa tips merawat ban truk yang bisa anda terapkan untuk mendapatkan ban yang awet dan tahan lama.

 

Baca juga: 5 Hal yang Tidak Boleh Diabaikan Agar Truk Tambang Selalu Prima 

Baca juga: Cara Pencegahan Pengemudi saat Truk Tambang Mengalami Rem Blong

 

1.Melakukan rotasi ban

Salah satu cara dalam menjaga ban dump truk agar tetap awet dan tahan lama adalah dengan melakukan rotasi pada ban truk. Tekanan yang berbeda seringkali membuat ban menjadi lebih gampang aus. Inilah mengapa ban depan pada dump truk yang membawa lebih banyak beban cenderung lebih mudah aus dibandingkan ban belakangnya. 

Ada beberapa cara merotasi ban yang paling umum dilakukan yaitu rotasi silang serta rotasi lurus. Dengan melakukan cara ini, hal ini bisa membuat masing-masing ban mendapatkan tekanan yang lebih seimbang.

 

2.Menjaga tekanan ban

Dengan menjaga tekanan pada ban dump truk bisa meminimalisir kerusakan dan mengurangi kemungkinan terjadinya kendaran jadi lepas kendali. Tekanan ban yang rendah pada saat mengemudi akan membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih meningkat. Setidaknya, memeriksa tekanan pada ban perlu dilakukan setiap bulan. Bahkan, bila kendaraan tersebut digunakan dalam waktu yang lebih sering maka pemeriksaan sebaiknya juga dilakukan lebih sering. Dalam memeriksa tekanan ban hendaknya ban tidak dalam kondisi panas.

 

3.Menjaga tapak ban

Tapak ban memiliki peranan yang sangat penting terhadap daya cakram ban di jalan. Ini juga sangat berpengaruh dalam membantu menghilangkan air diantaranya ban dan jalan. Selain itu, tapak ban juga bisa memastikan kendaraan bisa tetap terkendali serta mencegah terjadinya slip ketika melakukan pengeraman di jalanan basah. Tapak ban dump truk akan lebih mudah habis ketika sering berjalan dan mengerem. Inilah mengapa ketika memang kondisi tapak ban sudah terlihat aus maka mengganti ban sesegera mungkin adalah solusi yang paling tepat.

 

4.Melakukan perbaikan dan pergantian

Jika memang kurang memahami kondisi ban kendaraan anda, membawa ke bengkel untuk mendapatkan pemeriksaan adalah langkah yang sangat baik. Hal ini untuk lebih memastikan bagaimana kondisi ban anda apakah masih cukup baik, rusak, ataupun lainnya. Ketika ternyata didapati kondisi ban membutuhkan perbaikan maka segera lakukan perbaikan ataupun pergantian, tergantung dengan kondisi ban itu sendiri. Pastikan untuk selalu memeriksa ba dump truk secara teratur dan ganti ketika tapak ban mulai aus ataupun kondisi ban memang sudah waktunya ganti.

Sebenarnya banyak cara dan banyak pertimbangan yang harus diperhatikan dalam perawatan ban, salah satunya masa berlaku ban. Jika memang ban masih terlihat bagus namun sudah melewati batas pergantian tentunya ini wajib dilakukan, begitu juga bila sudah terlihat kerusakan atau sudah aus, pastinya pergantian yang baru juga perlu dilakukan. 

Selain itu pemakaian yang tepat juga harus dipraktikan, salah satunya tidak menggunakan rem secara mendadak setiap saat atau memaksakan ban untuk melintasi medan terjal dalam kecepatan tinggi. Semoga informasi ini bisa menjadi perhatian para pelaku industri agar tetap mengedepankan keamanan dan kenyamanan dalam berkendara.

 

Sumber foto: Instagram chrizzstuffster